Sunday 6 May 2012

Pengalaman Menggunakan Xperia Ray

Hello, sekarang saya mau cerita tentang gadget baru saya nih. Awal april kemaren akhirnya saya beli handphone baru yaitu si sexy slim and powerful, Xperia Ray! Harganya masih 2.5-2.6 gitu di salah satu toko handphone di bandung. Saya ngeceng gadget ini semenjak awal tahun 2012. Apa yang bikin saya ngeceng gadget ini? Trus setelah punya gimana kesan-kesannya? Ok, akan saya ceritakan di paragraf selanjutnya.

Saya bukan mau full review detail ya, cuma cerita-cerita aja, kalau mau lihat review lengkap, buka aja gsmarena.com. :)

Ok, yang bikin saya suka sama xperia ray ini adalah bentuknya yang tipis, imut dan tampak modis. Hpnya kecil, layarnya kecil juga dong emang enak? Saya memang bukan tipe orang yang suka handphone gede dengan layar 3.5 inci keatas karena menurut saya hp gede bikin risih di kantong dan berat.

Resolusinya besar dimampatkatan kedalam ukuran layar yang kecil, hasilnya layar menjadi sangat jernih, terang enak buat baca karena hampir sulit menemukan titik-titik pixel di hp ini. Katanya sih hampir menyamai retina displaynya iPhone tapi ya meneketehe sih layar iPhone jernihnya segimana, belum pernah liat juga --". Pernah sekali waktu ngebandingin layar xperia ray sama xperia neo, xperia neo di set full brightness 100% dan xperia ray brightness -nya hanya sekitar 45%-50%, hasilnya xperia ray yang menang :D

***Update***
Kameranya 8mp bersensor Exmor R, bagus buat capture di tempat gelap tanpa lampu flash objek masih tetap terlihat, tapi noise yang dihasilkan pun banyak. Hasil foto lumayan bagus tapi kompresinya terlalu besar sehingga dalam keadaan 100% gambar akan terlihat kurang tajam.
Dalam kondisi cahaya yang baik, kamera xperia ray mampu menangkap gambar dengan sangat cepat.
Buat fitur makro, kalo saya banding-bandingin hasilnya sama hp lama saya "Samsung Galaxy 551", dengan berat hati saya harus bilang masih bagus 551 deh :(. Jadi gini, kalo mau capture gambar macro, 551 bisa poll banget nangkep objek jarak deket kalo xperia ray susah. Silahkan cek hasil kamera xperia ray tanpa edit di -> Hasil Kamera Xperia Ray dan hasil edit di posingan saya yang ini.

Untuk videonya lumayan bagus, silahkan lihat contohnya di youtube channel saya atau langsung liat di sini.




Batrenya lumayan irit. Irit ga irit sih tergantung user yang pakai ya. Kalau maen game saya selalu ngga lebih dari 1 jam, tapi sering konek wifi 5 jam + denger mp3 via speaker phone 3 jam lebih, telpon bentar, smsan, ngulik-ngulik maenin hapenya. 1 hari masih bisa bertahan. Kadang suka gemes juga sih, ini hape batrenya ga abis-abis, lol..

Kekurangan hape ini, cepet panas apalagi kalo dipake maen game dan konek 3G. Ngetik suka ngga enak karena layar kecil tapi ga terlalu masalah buat yang jarinya kecil kaya saya. Hasil kamera ya gitu, kadang bagus kadang ngga. Sinyal suka ngga stabil. Sudah dapet ICS, tapi begitu pake ICS jadi suka ngelag disana sini (antara good news dan bad news ICS ini sebenernya :| )

Spesifikasi daleman xperia ray ini sama dengan Xperia Arc dan Xperia Neo. Jadi bisa dibilang xperia ray ini versi murah dan mini dari Xperia Arc yang keren itu, bahkan xperia ray ada kamera depannya xperia arc ngga ada tuh :D. Overall sih saya suka hape ini, smartphone dengan spek yang bagus, body yang bagus dan harga yang bagus menjadi nilai plus buat hp ini dibanding hp lain dengan kisaran harga yang sama.

7 comments:

  1. update ICSnya official sony yang baru gan, yang versi 4.0.4, ga ada lag sama skali, smooth banget. dan yang bikin ane seneng, kalo main game HD, free ram otomatis bertambah. kayanya sistem otomatis ngekill beberapa aplikasi background yg g berguna, jadi bisa nambah free ram, alhasil game HD pun lancar jaya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. serius gan? ane coba versi awal sampe 4.0.3 lag, dimana-mana, ya maen game ya ngerekam video. Moga-moga yang 4.0.4 ini semua bug nya ga muncul lagi deh..

      Delete
    2. gimana gan, apa bener versi ics 4.0.4 di xperia ray sudah tidak lag dan fix isu di ics 4.0.3?

      Delete
    3. ane sekarang pake zelly cream 2.5. Over all lebih baik dari pada stock dan rom lain (menurut ane). Rekam video lancar, foto lancar, batre mayan irit. tapi tetep kalo instal banyak aplikasi pasti lag dan lelet HP nya. ane ga instal2 game semenjak ics jadi ga tau apa suka force close apa ngga

      Delete
  2. punya saya setelah di upgrade ke ICS, internal jadi 400mb'an,
    Ram cuma 341mb.. Terus gak bisa install aplikasi.. Kenapa mas.. Mohon bantuannya.

    ReplyDelete