Friday 1 March 2013

Me & My Whistle

Alat musik yang bisa saya mainkan hanyalah suling recorder dan piano yang hanya sebatas lagu ibu kita kartini. Tapi dari semua alat musik yang pernah saya mainkan, saya suka sekali dengan alat musik tiup seperti suling recorder. Kenapa saya suka? Karena saya menyukai grup musik The Corrs!

Andrea sang vokalis selain piawai bernyanyi, dia juga memainkan alat musik tin whistle untuk The Corrs. Darinya lah saya terinspirasi untuk memainkan semua 'whistling part' The Corrs menggunkan suling recorder Yamaha yang saya miliki. Saat ini hampir semua lagu The Corrs saya bisa mainkan menggunakan suling recorder walaupun ada beberapa note yang tidak sesuai tapi masih bisa dimainkan.

Semakin sering saya bermain suling, semakin saya mencintai musik bernuansa Celic dan Irish. Semuanya saya coba mainkan dan ternyata sangat sulit dan rumit. Hobi saya bermain suling membuat saya semakin terobsesi untuk memiliki suling Irlandia (tin whistle) dengan harapan mempermudah saya memainkan lagu Celtic. Akhirnya mulai mencari di toko alat musik, namun tidak ada yang menjual tin whistle :(
Akhirnya saya berhasil membeli sebuah tin whistle Black Feadóg di internet dengan harga yang cukup mahal untuk sebuah suling, namun semuanya terbayar oleh rasa puas dan gembira karena alat musik yang saya inginkan sejak dulu akhirnya bisa saya miliki.



Setelah saya coba memainkannya untuk beberapa saat, ternyata tin whistle black feadog ini cukup ringan dan nyaman di pegang. Mouth piece-nya cukup imut tidak sebesar suling recorder sehingga mulut saya tidak perlu 'monyong'. Untuk saya yang sudah terbiasa dengan suling recorder, butuh waktu lagi untuk menyesuaikan jari jemari ini dengan tin whistle. Kesulitan saat ini menyesuaikan nada tinggi yang kadang sulit dijangkau dan suara yang kadang sember. Mungkin karena belum terbiasa.

Sangking senangnya, setiap pulang kerja dari sore sampai malam saya selalu memainkan tin whistle ini. Mencoba memainkan berbagai lagu agar proses adaptasi semakin lancar. Saking seringnya bermain, saya selalu diprotes orang-orang rumah karena berisik malam-malam main tin whistle :D Maklum, masih euphoria nih.. :-)

Iseng-iseng upload youtube lagi belajar lagu The Corrs - Paddy McCarthy, susah dan stress...



*Cerita terkait :

15 comments:

  1. Belinya dari website apa? Tin whistle susah banget dicarinya, saya cuma nemu alto recorder, agak mirip bunyinya sama tin whistle, tapi tin whistle lebih halus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belinya online mba, emang susah kalau nyari di toko musik. coba ke twitternya @neynarahma dia jual tin whistle. enak maen tin whistle sensasinya beda.. hehe

      Delete
  2. wah saya mau beli jugaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo... monggo.. biar pada maen tin whistle :D

      Delete
  3. asyekk... mass... :).apalagi diiringi petikan banjo,alunan accordion,atau tiupan bagpipes..,btw dah denger music celtic punk??dropkick murphys,flogging molly,the pogues,etc.di indonesia sudah ada lhoh yg mengusung genre ini??ada charlie's rum and the chaplin,the cloves and the tobacco,the working class symphony,dirt glass,black phinisi.monngo didengerin...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo flogging molly saya juga suka tuh.. seru lagu2nya.. wah di indo ada music gitu jg yah, jadi penasaran. Thanks mas buat recomendasinya!

      Delete
    2. yupsss...,"i'm not irish but i've got some irish to me'.hehehe.salam hangat dari pria pengangum daun semanggi,cheer's...!! :)

      Delete
  4. Bagi yg pengen beli Tin Whistle silahkan berkunjung ke FaceBook: Feadog Corner,

    Dan bagi penggemar Tin whistle, celtic music, irish music mari bergabung di Group FB: FeadogZone

    Salam Tin Whistler...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip... makasih infonya.. saya juga udah gabung di feadogzone :)

      Delete
  5. Boleh Gabung Grupnya Ngga Aqu jago Suling recorder kok !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabung ke feadogzone? boleh mbak, itu grup terbuka untuk umum kok.. :)

      Delete
  6. kakaaaak Eka Purnama Sakti!! haduh itu tin whistle nya beli dimana kakaaa? aku mau belii huhuhu tapi aku gak punya twitter :') kk ada blog penjualnya ato nomer yg bisa dihubungin gak kaka? makasi kakaaa :D huehuehuehue
    oiya kk udah berapa lama belajar main lagu yg di youtubenya itu kk? :') hebat banget udah bisa mainin tin whistle nya :') huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya maenin tin whistle udah bertaun-taun, tapi baru bisa segitu.. susah nih jarinya belum lihay... huehuehue...

      Saya beli tin whistlenya di @neynarahma add aja pin bb nya: 7520A3C2 :)

      Delete
  7. tin whistle nya yg D ya? sama kayak thin nya guinness gak ya?

    ReplyDelete