Tuesday 13 September 2011

Ketagihan Game Dev Story

Jika ada game yang sangat adiktif di android, itu adalah Game Dev Story! Saya tau game itu setelah melihatnya di gamespot.com dan nilai game tersebut adalah 9, wow! Tanpa pikir panjang lagi langsung saja saya download dan install di hp android saya.

Game bergenre simulasi ini mengajak kita untuk mengelola sebuah perusahaan game. Hal yang pertama dilakukan adalah menentukan nama perusahaan kemudian memilih pegawai yang memiliki skill value yang baik dan sesuai dengan jobdesknya(coder, designer, sound enginer dan writer). Setelah itu kita dapat membuat game dengan genre dan type tertentu, contohnya genrenya racing dan type F1 Racing. Jika genre dan type nya tidak sesuai, pegawai mu akan memandang pesimis dengan hasil penjualannya, sebaliknya jika cocok makan pegawai mu akan optimis dan semangat dalam mengerjakan proyek game tersebut.



Kita harus menetukan pula game kita itu untuk konsol apa. Yang menarik adalah konsolnya merupakan plesetan dari konsol yang ada di dunia nyata seperti IES(NES), Playstatus (Playstation), Game Kid(Game Boy). Harus diperhatikan juga bahwa game konsol itu akan hilang di pasaran dan digantikan dengan konsol yang baru, sehingga kita perlu mengupgrade konsol dengan membeli lisensinya.

Jika game kita sudah selesai maka, game tersebut bisa kita beri judul suka-suka kita dan game kita akan dinilai oleh para reviewer dan biasanya akan berpengaruh pada penjualan. Untuk meningkatkan penjualan dan penggemar, kita perlu mengiklankan game kita tersebut dengan majalah, online advertising dan lain-lain. Semakin banyak mahal ongkos iklan, semakin banyak penggemar dan akan meningkatkan pamor perusahaan.



Ada beberapa event menarik di sini seperti ajang penghargaan game tahunan dimana game yang telah kita buat akan diikutsertakan dalam penghargaan tersebut. Jika kita menang kita akan mendapatkan uang dan pastinya kebanggaan dong :D. Ada juga event pameran game tahunan dimana kita bisa menghadiri atau tidak dan kita bisa menyewa artis atau spg untuk menarik minat pengunjung. Terkadang kita juga mendapat surat dari fans yang isinya biasanya rasa senang, puas atau kekecewaan terhadap game yang kita buat.

Semakin sukses perusahaan kita, maka kita bisa berpindah kantor ke tempat yang lebih luas yang nantinya kita bisa merekrut lebih banyak pegawai. Untuk menaikkan skill, pegawai kita bisa kita naikkan levelnya atau melatihnya. Melatih pegawai juga akan mengeksplor genre dan type game baru.

Masih banyak elemen-elemen lain dalam game ini dan pastinya semakin membuat kamu semakin ketagihan untuk terus memainkan game ini.

No comments:

Post a Comment