Sunday 25 September 2011

Mencoba Gingerbread Android 2.3 di Galaxy 551

Hari Minggu tengah malam saya buka lounge 551 di kaskus dan jeng, jeng... di sana sudah ramai membicarakan Gingerbread untuk 551. Wow.. setelah sempat dianak tirikan karena tidak disebut ketika pembagian jatah roti jahe, akhirnya 551 user bisa happy juga dapat update gingerbread walaupun firmwarenya masih khusus untuk Eropa.

Saya yang saat itu berencana untuk melakukan factory reset galaxy 551 saya karena terlalu banyak aplikasi yang saya install dan malas meng-uninstall satu-satu (hampir 200 aplikasi) mulai berfikir untuk sekalian saja melakukan flashing Gingerbread ini. Dan setelah saya ikutin cara-caranya di kaskus ([OFFICIAL LOUNGE] Samsung Galaxy I5510/I551), akhirnya saya berhasil upgrade ke Gingerbread 2.3.4 + ganymade3, walaupun awalnya sedikit trouble gara-gara usb bentrok sama modem.

Kesan-kesan...

Kalau saya bilang sekarang jadi lebih smooth dan lancar, itu saya yakin karena 200an aplikasi saya hilang dan aplikasi masih dari bawaan firmware :| jadi ya selayaknya hape baru beli.

Saya coba install game-game berat yang sebelumnya lancar tapi suka hilang kendali dan hang di tengah-tengah permainan (Dead Space, Twisted land, Age of Zombie), saya mainkan dan hasilnya adalah lebih lancar, tidak hang/hilang kendali. Sekali lagi saya ragu, apa karena aplikasi yang saya install masih sedikit atau karena pengaruh Gingerbread. Saya kurang tahu teknisnya, tetapi ini merupakan kemajuan!

Batre jadi lebih boros. Setelah menelisik, ternyata cahaya keyboard fisik menyala ketika layar menyala walaupun sedang tidak dalam keadaan terbuka. Ko tau? Saya intip dan ternyata di kaskus pun kasusnya sama. Solusinya saya sih install keyboard backlight control.

Tombol qwerty sedikit bermasalah di symbol. GPS awalnya susah ngelock, tapi setelah itu lancar.

Link2SD jalan, tapi selalu gagal mounting 2nd partition di awal (ketika hp dinyalakan), jadi harus quick reboot manual, cape!

Semoga saja ada solusi dari kekurangan-kekurangan Gingerbread versi Eropa ini atau sekalian saja modifikasi romnya biar lebih maknyus :P

-----edit-----
mungkin artikel ini sudah ketinggalan jaman dan sudah ada ROM terbaru untuk galaxy 551, cek lounge 551 di kaskus ya! :)

3 comments:

  1. kalo yg resmi blm ada ya?
    soalnya sy sedikit gaptek...jd blm berani upgrade sendiri...apakah ada tempat utk meng upgrade?
    ( seperti counter / servis hp gitu )
    tq.

    ReplyDelete
  2. yang resmi buat asia sepertinya belum, tapi saya nyaman-nyaman aja pake GB+ganymed3 ini..
    tempat upgrade kurang tau sih, tapi saya langkah2nya persis kaya di sini >> http://www.kaskus.us/showpost.php?p=517264924&postcount=4943

    ReplyDelete
  3. Download firmwarenya dimana ya gan? Aq download ga bisa ni.

    ReplyDelete