Friday 26 February 2010

Lagi Benci Orang Nyanyi

Ada masa dimana saya benci sekali dengan suara manusia yang bernyanyi. Saya merasa bosan mendengarkan suara mereka. Mereka semua sama saja. Mencoba mengeluarkan bunyi-bunyian bernada panjang dengan vibra diakhir nada. Apakah suara mereka enak untuk didengar? Ya, untuk sebagian orang tapi bagi saya suara mereka mengganggu dan sangat membosankan.



Tiba-tiba saya berfikir, "Banyak musik rusak karena suara penyanyinya". Coba kita berfikir dari sudut pandang yang lain, betapa suara vokalis benar-benar mengalihkan indahnya suara gitar yang berdenting atau suara piano yang mengiringi nyanyian sang vokalis. Banyak nada-nada indah hilang terganti oleh suara sang vokalis yang mendominasi lagu tersebut. Sejujurnya suara musiknya lebih bagus dari suara vokalisnya.

Akhirnya saya mendengarkan sebuah lagu dalam versi karaoke. Mendengarkan sebuah lagu instrumental benar-benar memainkan imajinasi dan pendengaran saya. Di sana saya menyadari bahwa sebuah musik penuh dengan harmonisasi. Beragam bunyi-bunyian benar-benar terdengar apik dan semua bersatupadu. Banyak nada-nada hilang muncul dengan sempurna. Semua bersih tanpa dominasi suara vokalis. Mungkin gara-gara pemikiran tersebut, saya sekarang lebih banyak mendengarkan musik instrumental.

Funny little thing, gara-gara itu juga saya akan membuat sebuah quote, "Sesuatu yang dianggap baik namun terlalu mendominasi, terkadang dianggap menjadi sesuatu yang tidak baik pula". Haha..

*****

No comments:

Post a Comment