Saturday 6 February 2010

review samsung c6625 valencia

Sudah hampir sebulan saya pake smartphone ini dan sekarang saya akan mencoba membuat review tentang Samsung Valencia c6625 ini. Saya akan menjelaskan handphone ini dari sudut pandang saya sebagai user awam dan tidak akan terlalu mendalam menjelaskan spesifikasinya. So, let’s check it out!

Samsung Valencia c6625 ini saya beli dengan harga Rp. 1.660.000 di Mega Cell Bandung. Sebelumnya saya sudah survey di BEC Bandung harganya rata-rata masih kisaran Rp. 1.700.000. Jadi tanpa tawar menawar lagi (emang ga jago nawar juga -_-‘) saya langsung deal beli Samsung Valencia ini!
Pas buka box-nya saya dapet handset, charger, kabel data, cd driver, headset, guide book, dan kartu garansi. Saya gak ada micro sd didalamnya . Kata penjualnya sih kalau mau micro sd harus tambah lagi 40ribu, ntar dapet micro sd kapasitasnya 1GB. Warna yang saya pilih yaitu warna silver-hitam. Keren banget, elegan. Warna hitamnya dilapisi karet kaya di Motorola e398. Sayang, warna peraknya cepet pudar. Jadi saran saya sih mending cepet-cepet di bungkus silicon deh biar awet!

Keypadnya enak banget dipake ngetik walaupun tombol qwerty-nya gak terlalu gemuk tapi ada jarak antar tombolnya. Body-nya lebar banget dan kurang nyaman digenggam, soalnya sudut-sudutnya kurang rounded (membulat). Slot buat nge-charge, headset dan kabel data ada di satu lubang, jadi saya ga bisa denger musik sambil nge-charge. Layarnya lebar dan cerah. Dengan brightness level 1 atau 2 pun udah mampu menampilkan gambar dengan baik. Tapi kalau dibandingkan layar sony ericsson, layar Samsung Valencia ini kurang tajam.
Theme yang saya pake adalah theme HTC dapet download dari 4shared. Theme ini bikin home screen saya keren dan nampak canggih.



Samsung Valencia ini dilengkapi dengan kamera 2 megapixel. Saya kecewa sekali dengan kinerja kameranya. Tidak dilengkapi lampu flash. Respon menangkap gambarnya sangat buruk! Ketika shutter kamera bunyi, kita diharuskan diam selama 1-2 detik agar kamera dapat menangkap gambar dengan baik (baik modus malam atau tidak). Saran saya, mending jangan aktifkan bunyi shutter kamera, karena sangat menipu objek foto apalagi objeknya manusia! Modus malam pun tidak bekerja dengan baik. Ketika viewfinder akan nampak area kurang cahaya menjadi lebih terang dengan modus malam, tetapi ketika kita ‘jepret’, hasilnya gelap seolah-olah tanpa modus malam (aneh pisan lah!). Kualitas gambarnya pun buruk. Kalau dibandingan dengan gambar hasil kamera sony ericsson G502i yang sama-sama 2 megapixel, kamera sony ericsson G502i juara banget! Uniknya, kamera Samsung Valencia ini dilengkapi smile detection, jadi tinggal nyengir depan kamera, nanti handphone bakal ‘jepret’ sendiri .

Yang bikin Samsung Valencia ini canggih, udah pasti karena dukungan Windows Mobile 6.1 sebagai Operating systemnya. Kita bisa install aplikasi buat winmo di hp ini. Tapi gak semua compatible loh! Aplikasi yang menurut saya wajib buat install:
1. Skyfire


Browser keren banget. Wajib install! Bisa muter video youtube langsung dari halamannya dan loading-nya cepet banget.
2. Pocketwit


Aplikasi twitter untuk winmo dengan banyak fitur. Bisa upload foto ke twitpic, tweetphoto, link untuk twit yang panjang, shorting url, gps, dan lain-lain.
3. Garmin


Dengan software ini kita bisa memaksimalkan aGps Valencia untuk mencari rute, posisi kita, penunjuk jalan, dll. Lokasinya akurat, beda beberapa meter masih wajar lah.
4. Coreplayer


Software ini saya install karena bisa buat nonton video dengan format flv.
5. Palringo


Buat yang demen chatting, software ini wajib install. Support ym, facebook, google dan multiple account.
Browser bawaan Samsung Valencia sendiri adalah pocket IE. Kinerjanya bagus, cuma sayangnya gak bisa multiple window.



Pemutar music dan videonya adalah windows player 10 mobile. Format 3gp dan mp4 bisa diputar dengan lancar. Mp3 bisa dipilih berdasarkan artist, album dan genre. Windows player 10 mobile ini tidak dilengkapi dengan equalizer, tapi kita masih bisa setting equalizer dnse-nya. Saya pilih equalizer full bass and treble, suara musiknya jadi KEREN BANGET! Selain itu, kita masih bisa dapet hiburan dari radio bawaan Valencia ini.


Setting email di Samsung Valencia ini gampang banget, tinggal masukin alamat email sama password, next-next, beres deh!


Untuk menghemat batre, saya setting brightness layar di 1, dan setting phone disconnect pada wireless manager ketika saya tidak menggunakan Samsung Valencia ini. Jangan lupa selalu end task di task manager untuk menghentikan aplikasi. Saya pasang kartu M2 di c6625 ini soalnya Samsung ini khusus buat internetan, dan alhasil Samsung Valencia ini tahan satu hari lebih.
posting terkait :

25 comments:

  1. Wah..wah...mau dunk samsung-nya hehe...

    ReplyDelete
  2. Halo salam kenal mas eka...
    Ane juga beli baru ni samsung valencia alias c6625 2 minggu yg lalu dah...kalo dimasukin video2 rada berat ya loadingnya atau "thingkingnya"...
    Kemarenan juga donlot dari microsoft.com facebook buat ni hp...tampilan facebooknya sederhana bgt...kyknya kok kurang informatif pagenya...
    Nah ane lagi nyari aplikasi cuaca/weather yg free macem accuweather di se naite begitu bwt ni hp ada ga ya?
    Thx sebelumnya bro eka...

    ReplyDelete
  3. salam kenal juga bro thomas! kalo video, saya biasa di convert dulu, baru di play di valencia, lancar..
    aplikasi cuaca saya nemunya ini http://is.gd/btAka , tp sy biasa kalo aplikasi cuaca pake theme yg kaya screen shot di atas, udah support cuaca ko :) .

    ReplyDelete
  4. siang mas eka,,, saya dah pke samsung valencia dah sktr 3 bln,,, dan saya jg sdh pke theme htc yang kyk di atas,, tp aplikasi cuacanya gak jalan... how??

    terus bwt ganti background gmn mas?? soalnya klo pun kita ghanti thems backgroundnya tetep warna ijo,, klo kyk mas di atas kan ada gambar pohon..

    mohon dibantu

    ReplyDelete
  5. Halo mas daniel.. aplikasi cuaca di Theme HTC itu pake koneksi gprs lho, jangan2 pulsa mas daniel habis atau koneksi gprsnya belum benar..
    Untuk mengganti bck ground di valen itu saya juga kurang tau mas. Background saya itu berubah semenjak saya instal theme, entah theme BBold atau vista, saya juga lupa.

    ReplyDelete
  6. Mas Eka, knapa ych Valencia sya g lancar jalan'n video yg berformat Flv (gambarna sendat2 gt), pdhal dh mak App yg Mas Eka bilang gt...
    BantuanNa ych Mas Eka..

    ReplyDelete
  7. halo mas reza, biasanya kalau tersendat2 ketika memainkan video flv itu karena ukuran layar video yg terlalu besar atau bit rate dan frame rate yang terlalu tinggi. Coba aplikasi ini Mplayer (http://www.ziddu.com/download/10852621/mplayer.rar.html). Saya ada tips, coba mas reza convert video ke mp4 dengan bit rate 300kbits/s, framerate 15, dan ukuran layar 320 x 240, dijamin video berjalan mulus dan kualitasnya bagus.

    ReplyDelete
  8. Kalo mau kualitas videonya bagus, framerate dinaikkan ke 29fps juga gapapa masih oke kok sedangkan bitrate 600kbps juga oke tapi lebih baik menggunakan original bitrate...aplikasi convertnya pake total video converter ya, bisa di download di google...

    @eka: memang sih hasil kameranya agak 'tanggung' gitu.... tapiiii pada opsi ukuran gambar paling besar bisa nge-zoom lah yauuu. bangga mode on

    I LOVE MY VALEN

    ReplyDelete
  9. thanks mas Ricardo buat infonya, i love my valen toooo... :)

    ReplyDelete
  10. salam kenal mas eka: mo minta infony ni..sy sdh downloud skyfire di valen sy..tp knp slalu muncul "skyfire does not provide service in your country"...,tolong saran n infony....thks maliq

    ReplyDelete
  11. salam kenal jg mas maliq, mungkin ada kesalahan pada setting gprsnya atau pulsa anda tidak mencukupi sehingga aplikasi tidak dapat melakukan koneksi internet.

    ReplyDelete
  12. ada yang jual gak? saya nyari nih.. serius

    ReplyDelete
  13. kemaren saya baru ke mega cell bandung,, c6625 tinggal 2 biji dan harganya cuma 1.2 juta-an lho..

    ReplyDelete
  14. siang mas eka.. tolong ksh tau langkah2 mengoperasikan skyfire dong,, soalny sy sdh install skyfire 1.5 dan pas dioperasikan gagal trus,,slalu ad mslh di data connection / APN..,! thx atas bantuanny

    ReplyDelete
  15. @mas abdul, setelah saya browsing, sayang sekali ternyata skyfire sudah tidak support untuk indonesia dan beberapa negara lain pun mengalamainya.. coba link ini mungkin bisa membantu http://support.skyfire.com/forums/index.php?showtopic=5702

    ReplyDelete
  16. oke deh klo bgtu..thanks ya mas eka atas infony

    ReplyDelete
  17. kak...
    aku mau tanya cara instal tema buat samsung c6625 tu gimana????
    kok susah banget

    ReplyDelete
  18. @elfa kalau install tema home screen cukup klik file .cab nya setelah itu akan terinstall dan otomatis homescreen akan bertambah di homescreen setting.

    ReplyDelete
  19. kok download skyfire gak bisa ya? trus hrus pkai antivirus gak n bgusnya pa?

    ReplyDelete
  20. @fauzi skyrire itu udah ga bisa jalan di ga bisa dipake lagi di sini :( kalau saya ga pake antivirus apapun.

    ReplyDelete
  21. salam kenal..
    sy jg pengguna valencia..
    ijin download ya..
    btw,garmin-nya mana?kok g ada yg d download kyk yg lain???
    sy pnh baca d rumah tetangga ada software utk moteret lwt kamera depan..tlg cariin dong..he3,
    makasih

    ReplyDelete
  22. @sepuluh salam kenal juga, garmin kebetulan saya install berdasarkan panduan di kaskus, ini link nya http://www.kaskus.us/showpost.php?p=266602711&postcount=21 , untuk foto lewat kamera depan saya belum tau sih, coba browsing di lounge c6625 di kaskus hehehe siapa tahu nemu.. goodluck :)

    ReplyDelete
  23. mau tanya, mas...
    gak sengaja aplikasi midomi saya ter-remove,,
    tempat downloadnya lagi dimana ya, mas?

    terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas, saya juga dulu nyari-nyari ngga ketemu, jadi saya pake aplikasi alternatifnya yaitu Shazam Encore

      Delete