Tuesday 16 March 2010

Risa Saraswati Bukan Vokalis Homogenic Lagi!!

Suatu ketika di bulan Oktober 2009, saya membaca status Risa Saraswati yang isinya menyatakan bahwa panggung itu bukan miliknya lagi. Saya pikir wajar saja karena panggung itu milik pengelola gedungnya dan bukan miliknya barang kali. Beberapa hari selanjutnya saya membaca kembali status facebooknya si 'neng' ini yang isinya menyatakan bahwa dia yakin akan ada panggung-panggung lain untuknya. Wah.. ada apa ini? Dua kali baca status Risa isinya selalu mengenai panggung. Akhirnya saya buka halaman facebooknya dan saya membaca banyak sekali komentar orang-orang yang isinya menyatakan kekecewaan dan menanyakan kebenaran bahwa Risa keluar dari Homogenic. Oh nooo....!! Dan saya masih belum percaya akan hal itu.

Pada tanggal 20 Oktober 2009, Homogenic resmi mengabarkan bahwa Risa sudah tidak bergabung dengan Homogenic lagi. Entah apa yang terjadi dalam keluarga Homogenic sehingga Risa harus keluar dari Homogenic. Menurut Homogenic sendiri, Risa keluar karena perbedaan visi dan misi dimasa yang akan datang. Visi misi yang seperti apa ya? Bukankah Dina-Risa sudah benar-benar homogen, satu visi satu misi?

Saya mendengarkan Homogenic sejak saya kelas 2 SMA (2004). Homogenic benar-benar membuat saya suka dengan musik elektronik. Kekuatan Homogenic bukan hanya dari musiknya, tetapi juga dari suara sang vokalis yang menyanyikan lagunya. Suara Risa benar-benar cocok dengan musik Homogenic. Musik Elektronik bersatu padu dengan suara merdu, mengawang-awang bak malaikat benar-benar kolaborasi jenius dan indah. Bisa dibuktikan dengan lagu Homogenic favorit saya yaitu transmutasi, kekal, artificial humanity dan lirih.

Apa jadinya Homogenic tanpa Risa? Homogenic telah merekrut vokalis baru yang diyakini lebih mumpuni daripada Risa. Dia adalah Amandia ex. vokalis Andezzz. Musik Andezzz yang bergenre jazz dibawakan dengan sangat baik oleh Amandia. Apakah Homogenic yang bergenre pop elektronik akan lebih baik jika dibawakan oleh Amandia? Belum tentu. Kita buktikan saja nanti di album ke-3 Homogenic yang tak kunjung rilis dan mungkin akan release dalam waktu yang tidak pasti. Apakah performance Homogenic di panggung akan lebih spektakuler dengan kehadiran Amandia? Kita buktikan tanggal 17 April 2010 nanti di Dago Tea House.

Sekarang, apa jadinya Risa tanpa Homogenic? Intensitas Risa dalam menyanyi di panggung akan berkurang, hal ini menyebabkan para penggemar Risa sulit menyaksikan Risa menyanyi di atas pentas. Saya masih bisa mendengarkan Risa berceloteh di radio sebagai penyiar dan bukan penyanyi (hiks'). Apakah Risa akan kehilangan pamor? Tidak! Risa Saraswati akan selalu hadir di hati para Savior, percayalah! Saya pernah berinteraksi dengannya via Twitter. Ternyata dia sedang membuat proyek solo karir yang akan diberi nama 'Sarasvati'. Dia bilang, itu hanya proyek iseng saja. Tapi saya yakin proyek solo karir Risa tidak main-main. Terus berkarya untuk Risa Saraswati, Aku mendukung mu!

Risa Homogenic tinggal kenangan. Risa Saraswati dan Homogenic sudah berjalan masing-masing dan hal ini benar-benar menghancurkan hati para Savior. Hiperbol? Memang begitu adanya.

Saya pernah merekam Risa ketika live di Braga City Walk yang disiarkan di radio. Risa menyanyikan 3 lagu, yaitu tentang aku, satu bintang dilangit kelam dan luka. Percayalah, suaranya sangat merdu sekali! Walaupun hasil rekaman, tapi kualitasnya bagus. Silahkan download lagunya Risa Saraswati pada link-link berikut ini.

Preview Risa - Luka



Artikel Terkait :

10 comments:

  1. sudah mendengarkan lagunya sarasvati?
    baru ada satu lagu sih - oh, i never know
    tp sangat hebat dan bisa mengobati rasa rindu terhadap suara neng risa..

    ReplyDelete
  2. yup sudah..! dikirim lewat email. lagunya enak, serasa di dunia Disney gitu..hehe

    ReplyDelete
  3. wah sama to saya kira juga begitu, saya kira itu cuma becanda, padahal album ketiga sudah selesai proses rekaman, kalo ga salah tadinya akan di rilis akhir tahun sesudah lebaran, akhirnya mundur 2010, jujur saja saja HOMOGENIC TANPA RISA TERDENGAR ANEH, tapi setelah belakangn ini saya bisa juga menikmati homogenic versi baru

    ReplyDelete
  4. LAGU LUKA KALO GA SALAH LAGUNYA CHERRYBOMSHELL ya, baru tau klo lagu luka (DARI ALBUM KE 2) dicover sama HOMOGENIC, nice cover version

    ReplyDelete
  5. @patra sayang ya suara risa harus di delete semua dari album ke 3 :( sekarang saya sangat menikmati mini albumnya risa. Lagu luka di cover oleh risa, bukan homogenic loh.. hehe

    ReplyDelete
  6. Wah kecewa berat vokal Amandia BANTING Banget ama Risa! Jadi sayang, lagunya bagus tapi vokalnya nggak masuk! Pokoknya sayang banget!!!!!!!!!1

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh... ada yg kecewa.. gimana donk? selamat beradaptasi dengan homogenic yg baru yaa :)

      Delete
  7. risa sekarang solo kan ya?
    sempet juga baca novel nya danur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup risa skrng proyek solo namanya sarasvati ;)

      Delete
  8. Ikut kecewa :((( padahal udh keren banget mba risa di homogenic

    ReplyDelete